Unknown

Perempuan di Balik Creative Space di Bandung



Tamara Saradita adalah seorang  Owner rumah kedua di bandung. Pembisnis muda ini  mengatakan jika kita menemui dan berkumpul dengan banyak orang, kita akan mendapatkan ide-ide fashion yang baru dan kreatif.  Dan dari bersitulah awalnya mereka mempunyai ide membangun bisnis space tersebut. Adapun bisnis yang digulitin dikuliner adalah Hauce dan Kerang Ajaib, untuk transfortasi  ada Taxi Bike dan untuk kreatif space sendiri ada taman rumah kedua.

Selain berada didunia bisnis Tamara Saradita juga adalah seorang dosen di Universitas Pajajaran dibidang komunikasi. Dengan menjadi dosen Tamara Saradita bisa menjumpai orang-orang baru, seperti mahasiswa-mahasiwa di Universitas Pajajaran karena ide-ide yang dihasilkan oleh mahasiswa zaman sekarang lebih fresh dan kreatif. Bisnis yang lebih ditekuni sekarang adalah taman tengah dan rumah kedua karena rumah tengah dan taman kedua itu mereka bisa menemui ide baru dan berkumpul dengan orang-orang yang baru dengan idenya yang juga lebih baru.  Kemudian anak-muda lebih bisa menyalurkan dan mengembangkan ide mereka di bisnis space tersebut, karena banyak sekali anak muda bandung yang memiliki ide yang bisa di kembangkan dan patut di salurkan. Dengan adanya bisnis space ini anak muda tersebut bisa menyalurkan ide mereka dan dikembangkan sama-sama nanti hasilnya di bagi bersama.

Tamara Saradita tidak memandang gender, menurutnya perempuan dan laki-laki juga sama, sama-sama memiliki ide dan kreativitas yang bisa diwujudkan, jadi perempuan harus bisa mengembangkan ide-ide yang kreatif agar bisa menjadi perempuan yang mampu bersaing didunia bisnis.

 Creativity and Design For Sosial Changes In Cities ; Ridwan Kamil

Menurut Ridwan Kamil pada dasar semua orang memiliki kreativitas, dan itu yang ingin beliau bangun dan semangati,  Indonesia dimasa depan akan bisa diselamatkan oleh manusianya, oleh karena itu aset yang dimiliki dan dikembangkan sekarang yaitu manusia dan kreativitasnya.
Ridwan kamil ini selain arsitek juga seorang dosen di ITB, dan seorang perancang kota ,sudah 50 kota di Indonesia yang beliau rancang. Beliau juga aktif di organisasi kreatif  di Bandung. Masa depan peradaban mang nusia itu ada dikota, jika salah mengelola kota maka hancurlah peradaban. 60% warga dunia akan tinggal dikota pada tahun 2025, makan kota harus mengatisipasi kejadian tersebut, karena kota yang stress akan melahirkan generasi yang stress.
Adapun penyebab terjadinya hambatan kreativitas di indonesia yaitu media sering menampilkan hal-hal yang tidak bermanfaat, dan jarang menampilkan hal yang berkaitan dengan kreativitas dan inspiratif. Banyak hal kratif yang sudah dibangun oleh Ridwan Kamil ini yaitu :
1.      Rumah pribadi beliau yang dindingnya termuat dari susunan botol bekas, dan sudah banyak termuat dimajalah luar negeri,
2.      mesjid di bandung yang telah beliau rancang yang bernamana KBP Mosque,
3.      Meseum Tsunami di Aceh, beliau sengaja merancang Mesum Tsunami, jika ada Tsunami lagi maka orang aceh bisa belindung diMesum tersebut, dan banyak pembelajaran yang terdapat di Mesum itu seperti antisipasi jika ada Tsunami dan perpustakaannya.
4.      Archiepelago Arena, di Jakarta yaitu gedung olahraga yang Insyaallah akan di bangun tahun depan
5.      JSX Tower, dijakarta yaitu kumpulan uang koin yang dikumpulkan.
6.      Phuket Technopark, di Thailand
7.      Jeddah CBD, diSaudi Arabia
8.      Kemudian beliaujuga mendirikan sebuah Bandung Creative City Forum yaitu 20 komunitas kreativ bandung yang berkumpul di forum ini.
9.      Membuat Festival kreativitas pada tahun 2009, karena negeri yang beradab ialah negeri yang merayakan kebudayaannya, semakin banyak festival makan semakin menunjukkan negeri atau kota itu berbudaya
10.  Creativity In Public Domain, yaitu angkot terfavorite dari semua angkot, karena angkot tersebut dibuat dengan gambar-gambar kreativ yang mengundang siapapun menaikinya.
11.  Bandung Creativ HUB, yaitu sebuah galeri yang inovatif yang ingin dibangun.
12.  Membangun sebuah kampung, yang dulunya dijuluki kampung narapidana karena masyarakatnya yang jarang keluar rumah, sekarang menjadi kampung tempat kreasi lokal.
13.  Membuat project Enerbike, yaitu olahraga gowes selain untuk menyehatkan bisa juga untuk meningkatkan energy listrik

Pesan dari Alm. Ayah Ridwan Kamil ada 4 tipe pemuda I Indonesia, yaitu pemuda pintar tetapi tidak peduli, kedua pemuda peduli tetapi tidak pintar, ketiga pemuda tidak pintar dan tidak peduli, keempat pemuda pintar dan juga peduli. Jadilah tipe pemuda yang keempat, jadilah pemuda yang peduli dan juga pintar karena akan menjadikan Indonesia sebagai Negara  yang baik. Jika kalian ingin merubah sesuatu jadilah perubahan itu sendiri.


Carrot Clarinet ; Linsey Pollak

Video yang berjudul Carrot Clarinet ini menceritakan seorang lelaki yang kreativ yang bernama Linsey Pollak yang memberitahukan bahwa kreativitas itu bisa menghubungkan suatu benda yang tidak memiliki hubungan tetapi ketika disatukan akan menjadikan hal baru yang kreative, seperti didalam video ini Linsey Pollak mengajarkan membuat wortel menjadi sebuah klarinet. 

Linsey Pollak mengajari cara membuat wortel clarinet dengan cara mengambil sebuah wortel kemudian memotong ujung wortel menggunakan pisau dapur dan membuat lubang di bagian samping wortel tersubut kemudian beliau mengukur wortel tersebut untuk membuat ukuran dan panjang yang sama. maka kita bisa memainkan musik dengan wortel clarinet
0 Responses

Posting Komentar